style2
Silabus Mata Kuliah D3 Komputerisasi Akuntansi
Semester 1
No Kode Mata Kuliah Tujuan
1 KA16101 Pendidikan Agama Dapat mengetahui, Memahami, dan menghayati aspek – aspek yang berhutbungan dengan makhluk hidup dan meningkatkan keimanannya kepada Khaliq dan hal – hal ghaib lainnya, memahami, menghayati dan melaksanakan ajaran agama islam.
2 KA16102 Pendidikan Pancasila Memberikan bekal kepada mahasiswa untuk meningkatkan kecerdasan, harkat dan martabat serta memberikan pengetahuan secara dini untuk bersama-sama mewujudkan manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa menuju insan yang berkualitas mandiri sehingga mampu membangun dirinya sendiri, mengarahkan attitude, behavior yang bermoral serta dapat mengakomodir perbedaan pemikiran, pendapat atau kepentingan diatasi melalui keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
3 KA16103 Pengantar Manajemen -
4 KA16104 Pengantar Akuntansi I Mahasiswa dapat menguasai teorits akuntansi tentang penyajian laporan keuangan komprehensip yaitu laporan posisi keuangan, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan sesuai dengan standar ETAP .
5 KA16105 Matematika Ekonomi I Memahami dan mengerti jenis-jenis fungsi, fungsi linier serta mampu menggambarkan fungsi linier ke dalam grafik. Memahami dan mengerti fungsi kuadrat dan bagaimana cara menggambar grafik fungsi kuadrat. Memahami dan mengerti aplikasi fungsi dalam ekonomi Memahami dan mengerti mengenai titik maksimum dan minimum pada sebuah fungsi Y = f(x). Memahami dan mengerti mengenai differensial lanjutan.
6 KA16106 Bahasa Inggris Bisnis I -
7 KA16107 Pengantar Teknologi Informasi Mahasiswa mampu memahami dan mengerti Teknologi Informasi beserta perkembangannya, pemanfaatan teknologi informasi dan perkembangannya, pengenalan jaringan, internet dan e-Commerce, keamanan dan UU iTE.
8 KA16108 Aplikasi Office Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan kepada Mahasiswa tentang penggunaan aplikasi perkantoran, pengolah kata, pengolah data dan presentasi, yang merupakan aplikasi sederhana, untuk membantu proses surat menyurat dan perhitungan dasar akuntansi keuangan
Semester 2
No Kode Mata Kuliah Tujuan
1 KA16201 Pendidikan Kewarganegaraan Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian pendidikan kewarganegaraan, menganalisis kompetensi dasar, tujuan dan ruang lingkup materi pendidikan kewarganegaraan, menyadari arti penting pendidikan kewarganegaraan sebagai media pembentukan kepribadian bangsa, dan dapat berpartisipasi dalam upaya pengembangan dan penegakan demokrasi, HAM dan masyarakat berabad.
2 KA16202 Bahasa Indonesia Mampu mengapresiasi bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari – hari dan dapat menulis dengan pendekatan proses sesuai tata bahasa Indonesia yang dibakukan ( EYD )
3 KA16203 Manajemen Keuangan Setelah mengikuti kuliah Manajemen Keuangan diharapkan mahasiswa dapat merencanakan, mengalisis dan mengambil keputisan tentang mendapatkan sumber dana dan mengalokasikan dana dengan tujuan memaksimalkan kesejahteraan pemegang saham.
4 KA16204 Pengantar Akuntansi II Mahasiswa dapat menguasai teorits akuntansi tentang penyajian laporan keuangan komprehensip yaitu laporan posisi keuangan, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan sesuai dengan standar ETAP .
5 KA16205 Praktik Akuntansi Dasar -
6 KA16206 Statistik Setelah mengikuti kuliah statistik bisnis diharapkan mahsiswa mampu membuat dan menganalisa data dengan menggunakan alat analisa sesuai handout.
7 KA16207 Bahasa Inggris Bisnis II Mahasiswa mampu memahami berbagai macam teks bahasa Inggris dalam beragai macam konteks dan mampu menggunakan kompetensi bahasa Inggrisnya secara lesan dengan baik dalam berbagai konteks yang lebih luas.
8 KA16208 Bahasa Jepang Bisnis I Mahasiswa mampu berkmunikasi dalam bahasa Jeapang dengan menggunakan bermacam- macam kata benda dan keterangan waktu berdasarkan situasi dan kebutuhannya.
9 KA16209 Logika dan Algoritma Memberikan gambaran kepada mahasiswa, bagaiman proses logika yang berlangsung pada control unit, dengan teori-teori logika dan algoritma, beserta operator-operator dan operan logika. Mendefinisikan Algoritma dan pemrograman serta mengenal bahasa pemrograman dasar dan perkembangannya
Semester 3
No Kode Mata Kuliah Tujuan
1 KA16301 Perpajakan Setelah mengikuti kuliah perpajakan mahasiswa diharapkan mampu memahami peraturan perpajakan yang ada di Indonesia, dan menerapkanya pada contoh kasus yang diberikan.
2 KA16302 Penganggaran Pemahaman dan penguasaan prinsip-prinsip konsep, teknik dan prosedur anggaran perusahaan serta pembekalan keterampilan analisis dan penyusunan berbagai pola yang umum dilakukan dalam rumah tangga perusahaan.
3 KA16303 Akuntansi Biaya Setelah mengikuti kuliah Akuntansi Biaya mahasiswa diharapkan dapat memahami klasifikasi biaya dan konsep-konsep biaya yang ada didalamnya, memahami dan menerapkan metode-metode perhitungan harga pkok produksi maupun elemen-elemen biaya produksinya.
4 KA16304 Akuntansi Keuangan Menengah I Mahasiswa dapat menguasai teorits akuntansi tentang penyajian laporan keuangan komprehensip yaitu laporan posisi keuangan, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan sesuai dengan standar ETAP .
5 KA16305 Sistem Informasi Akuntansi Setelah mengikuti kuliah Sistem Informasi Akuntansi mahasiswa diharapkan dapat.
6 KA16306 Pemrograman Berorientasi Obyek I Mahasiswa mampu memahami Konsep Object Oriented Programming (OOP), merancang dan membuat aplikasi pada bidang akuntansi dengan mengimplementasikan bahasa pemrograman Visual IDE Netbeans Java.
7 KA16307 Perancangan Basisdata Mahasiswa mampu merancang dan membuat sistem basis data serta dapat mengimplementasikannya pada bidang akuntansi
8 KA16308 Bahasa Jepang Bisnis II Mahasiswa mampu berkmunikasi dalam bahasa Jeapang dengan menggunakan bermacam- macam kata benda dan keterangan waktu berdasarkan situasi dan kebutuhannya.
9 KA16309 Akuntansi Perbankan Setelah mengikuti mata kuliah Akuntansi Perbankan Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan akuntansi perbankan, proses akuntansi bank serta laporan keuangan untuk perusahaan perbankan.
Semester 4
No Kode Mata Kuliah Tujuan
1 KA16401 Akuntansi Perpajakan Mahasiswa dapat menyelesaikan siklus akuntansi keuangan yang telah disesuaikan dengan Undang – undang dan Peraturan per pajakan yang berlaku dengan baik dan benar.
2 KA16402 Auditing Setelah mengikuti kuliah Pemeriksaan Akuntansi mahasiswa diharapkan mampu menyebutkan dan menjelaskan persiapan dasar dan pedoman sebelum melakukan pemeriksaan sesuai handout.
3 KA16403 Akuntansi Manajemen -
4 KA16404 Akuntansi Keuangan Menengah II -
5 KA16405 Praktik Sistem Informasi Akuntansi Setelah mengikuti kuliah Praktikum Sistem Informasi Akuntansi mahasiswa diharapkan dapat menerapkan kaidah-kaidah penyusunan sistem informasi dalam bidang akuntansi
6 KA16406 Pemrograman Berorientasi Obyek II Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisis kebutuhan dan perkembangan teknologi pemrograman web. Serta mampu menerapkan teknik pemrograman web dalam mengembangkan perangkat lunak.
7 KA16407 Aplikasi Akuntansi I Dapat menggunakan Perangkat Lunak MYOB sbg perangkat lunak Aplikasi Komputer Akuntansi Dapat mengoptimalkan penggunaan komputer sebagai alat bantu dalam kegiatan pencatatan, pengelompokan & pembuatan laporan Akuntasi
8 KA16408 Akuntansi Sektor Publik Menguasai prinsip-prinsip ,konsep-konsep dasar ,dan praktik-praktik akuntansi pada organisasi sektor publik dan organisasi nirlaba dan dapat dengan baik membedakannya dengan akuntansi pada organisasi bisnis
9 KA16409 Komunikasi Bisnis Pemahaman terhadap azas-azas komunikasi interpersonal dengan baik dan menerapkan teori-teori dan latihan-latihan yang diberikan selama kuliah terhadap disiplin ilmu pengetahuan lain dalam kehidupan bisnis dan kehidupan sehari-hari. Setelah mengikuti kuliah Komunikasi Niaga mahasiswa diharapkan dapat menemukan berbagai ketrampilan teknis dan sikap mental yang dibutuhkan untuk pengembangan kualitas komunikasi baik sebagai individu, maupun sebagai anggota kelompok masyarakat.
Semester 5
No Kode Mata Kuliah Tujuan
1 KA16501 Metodologi Penelitian Mahasiswa mampu memahami pentingnya peran metodologi penelitian dalam pengembangan ilmu yang sesuai demgan bidang ilmunya.
2 KA16502 Praktik Auditing Setelah mengikuti kuliah Praktek Pemeriksaan Akuntansi mahasiswa diharapkan mampu melakukan pemeriksaan serta membuat laporan pemeriksaan akuntansi sesuai standar pemeriksaan akuntansi.
3 KA16503 Praktik Akuntansi Menengah -
4 KA16504 Akuntansi Keuangan Lanjutan Setelah mengikuti kuliah Akuntansi Keuangan Lanjutan mahasiswa diharapkan mampu menerapkan perlakuan-perlakuan akuntansi pembentukan dan kegiatan operasi persekutuan, perubahan pemilik ataupun kepemilikan, penjualan angsuran, penjualan konsinyasi, serta akuntansi hubungan kantor pusat dan agen atau cabang
5 KA16505 Analisis Laporan Keuangan -
6 KA16506 Etika Bisnis dan Profesi Agar mahasiswa memiliki pemahaman nilai-nilai etis yang merujuk pada kualitas manusia dalam penyiapan diri memasuki dunia kerja
7 KA16507 Analisis Desain Perancangan Sistem Mahasiswa mampu memahami, menganalisa dan merancang/ mendesain sistem informasi dengan mengacu pada aspek : input, output, file, proses, pengkodean dan user interface.
8 KA16508 Aplikasi Akuntansi II Memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan mahasiswa untuk menguasai perkembangan teknologi khususnya aplikasi akuntansi accurate, sehingga mahasiswa mampu menggunakan aplikasi akuntansi dalam penyelesaian berbagai masalah akuntansi.
Semester 6
No Kode Mata Kuliah Tujuan
1 KA16601 Kewirausahaan Setelah mengikuti mata kuliah kewirausahaan dan manajemen bisnis diharapkan mahasiswa memiliki jiwa kewirausahaan, mengetahui dan memahami sumber daya manusia, perancangan organisasi, organisasi perusahaan, perusahaan, komunikasi & tanggapan terhadap perkembangan, pengambilan keputusan, kepemimpinan, pengawasan dan perencanaan usaha.
2 KA16602 Praktik Akuntansi Keuangan Lanjutan -
3 KA16603 Praktik Kerja Lapangan -
4 KA16604 Tugas Akhir Penulisan hasil penelitian/ penemuan dalam bentuk laporan akhir dimulai dari langkah menemukan dan memecahkan masalah dengan penelitian dan menulis hasilnya dalam bentuk laporan akhir yang dipertahankan penguji